3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merenovasi Rumah Type 36




3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merenovasi Rumah Type 36 - Luas lahan kosong dan dana yang terbatas seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih untuk membeli atau membangun rumah dengan type 36. Namun sayangnya, seiiring dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga, maka rumah yang dulunya sudah lebih dari cukup memenuhi kebutuhan anda kini semakin terasa sempit dan rasanya membuat anda dan keluarga semakin merasa kurang nyaman. Hal tersebut biasanya terjadi karena jumlah anggota keluarga yang semakin bertambah itu kurang bisa menikmati privasi mereka sebab kamar tidur yang ada di dalam rumah tersebut kurang banyak.

renovasi Rumah Type 36

 Ilustrasi Renovasi Rumah Type 36

 
Idealnya sebuah rumah setidaknya harus memiliki 3 kamar tidur, namun hal tersebut tentu saja tak bisa dipenuhi oleh rumah dengan type 36, sebab maksimal jumlah kamar yang tersedia di dalam rumah tipe 36 hanya berjumlah 2 kamar. Oleh karena itu, mau tidak mau anda harus merenovasi rumah type 36 tersebut agar dapat kembali memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah tersebut.
Untungnya, rumah type 36 biasanya dibangun diatas lahan yang luasnya sekitar 92 – 120 m2 sehingga memungkinkan anda selaku pemilik rumah untuk melakukan sedikit perluasan bangunan atau yang lebih kita kenal dengan istilah renovasi. 

Sebenarnya ada dua pilihan renovasi rumah ukuran 36 yang dapat anda lakukan. Yang pertama bila masih ada sedikit lahan tambahan di bagian belakang atau depan bangunan rumah anda, maka anda dapat melakukan renovasi penambahan ruang untuk kamar secara horizontal, namun bila lahan kosong yang tersedia cukup sempit maka mau tidak mau anda harus melakukan pilihan renovasi yang kedua, yakni renovasi secara vertikal, atau dengan kata lain anda harus melakukan penambahan lantai agar dapat menambah jumlah kamar. Salah satu keunggulan yang akan anda dapatkan ketika melakukan renovasi secara vertikal, adalah jumlah ruangan yang dapat dibuat akan lebih banyak jika dibanding dengan renovasi horizontal.

Selain itu, sebelum melakukan renovasi rumah tipe 36 sebaiknya anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :
·         Pastikan anda tetap menyisakan cukup ruang untuk sirkulasi udara khususnya bila anda memutuskan untuk menghabiskan seluruh lahan kosong yang ada di belakang bangunan rumah tersebut
·         Pastikan anda mendesain struktur atap yang tepat agar terhindar dari kebocoran
·         Pastikan anda benar-benar mengoptimalkan setiap celah yang tersisa agar tidak ada yang terbuang percuma.