Tips Mendesain Rumah Panggung Minimalis yang Unik dan Menarik



Satu lagi desain rumah yang nampaknya akan menjadi trend di tanah air. Kembali ke alam, mungkin itulah salah satu faktor yang ingin dikedepankan dari desain rumah minimalis yang menyerupai rumah adat masyarakat tradisional. Ya, desain rumah minimalis ini terlihat semakin unik dan menarik karena gayanya seperti rumah panggung yang sering kita jumpai di pedesaan Sumatra atau Kalimantan.


Memiliki rumah minimalis yang berkonsep seperti rumah panggung ini tentu saja memiliki keuntungan dan kerugian. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik rumah panggung minimalis ini adalah, rumah seperti ini khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan tergolong memiliki desain yang cukup menarik perhatian, sebab seperti yang kita ketahui, di kota-kota besar sangat jarang menemukan adanya rumah minimalis yang berkonsep seperti rumah panggung. Selain itu, rumah panggung minimalis yang memiliki kesan alami ini juga akan dapat membuat penghuni yang tinggal di dalamnya merasa lebih adem karena mayoritas bahan yang digunakan untuk membuat rumah ini adalah kayu yang notabene memang mampu menyerap hawa panas yang berasal dari sinar matahari.

Sedangkan untuk kekurangannya, adalah masalah waktu dan biaya, sebab waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah panggung minimalis ini cukup lama dan biaya pembuatannya pun tergolong relatif mahal, sebab untuk membangunnya dibutuhkan beragam proses, mulai dari penebangan pohon hingga perendaman yang tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Bila anda tertarik untuk membangun rumah minimalis dengan gaya seperti rumah panggung ini maka sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Karena mayoritas bahan material pembuat rumah panggung minimalis ini adalah kayu, maka sebelumnya anda harus memastikan bahwa bahan kayu yang akan anda buat benar-benar berkualitas, hal tersebut harus anda lakukan, agar anda terhindar dari kayu yang digunakan sebagai komponen utama pembangunan rumah panggung tersebut tidak cepat lapuk dan keropos. Pastikan selain berkualitas, jenis kayu yang anda pilih itu bukanlah kayu yang disukai rayap. Oleh sebab itu, lebih baik anda memilih jenis kayu yang kualitasnya terjamin, contohnya seperti kayu jati, atau bila dana yang anda miliki relatif terbatas, anda bisa juga menggunakan kayu mahoni yang harganya relatif lebih terjangkau daripada kayu jati.


Newest
Previous
Next Post »

Tips Mendesain Rumah Panggung Minimalis yang Unik dan Menarik

Satu lagi desain rumah yang nampaknya akan menjadi trend di tanah air. Kembali ke alam, mungkin itulah salah satu faktor yang ingin dik...